Rabu, 11 November 2015

Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan

Kliksaja

Kenal  anda dengan buah ini? ini adalah tumbuhan liar biasanya tumbuh di sawah maupun lahan kosong. Ya tanaman ini sering dianggap tanaman pengganggu tapi taukah sobat ternyata ciplukan mempunyai begitu banyakmanfaat seperti yang dikutip dari Livestrong.com, ini dia diantata manfaat sehat ini untuk kita.

Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan


Mengobati diabetes melitus


Gunakan semua bagian dari pohon ciplukan, lipat-lipat atau potong seukuran 3-4cm. lalu rebus bersama dengan 500 ml ataui setara dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu air menyusut kurang lebih setengah dari air rebusan. Setelah mendidih dinginkan lalu kemudian saring. Minum sekaligus rebusan ciplukan setiap pagi. Untuk sore hari anda  bisa menggunakan ampas ciplukan, ikuti sesuai langkah diatas

Mengatasi sakit paru


Caranya sama dengan diatas, didihkan tanaman ciplukan dengan menggunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring. Minum sebanyak 3 kali sehari.

Sebagai asupan kalori


Satu gram buah cimplukan mengandung 53 kalori dan satu gram lemak. Kabar gembira bagi kamu yang tengah berada dalam program diet, bukan? Seperti beberapa buah yang kaya serat lainnya, buah cimplukan mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama.

4. Vitamin A

tak disangka 100gr buah cimplukan mengandung 720 unit vitamin A yang berarti mampu memenuhi 14% kebutuhan vitamin A bagi orang dewasa dalam sehari. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, dan kekebalan tubuh. Selain itu buah cimplukan juga mampu menetralkan bahaya radikal bebas yang berarti mampu melindungi kita dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.

5. Vitamin C

Tak cukup dengan vitamin A, buah cimplukan juga mengandung 11mg vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang baik untuk kulit, mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko katarak dan juga meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh.

Nah, tidak menduga, kan? Buah kecil yang hidup dengan mudah di mana saja ini ternyata menyimpan manfaat sehat bagi tubuh kita. Jangan sepelekan buah ini lagi, ya!
sumber : merdeka.com

Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar: