Minggu, 20 September 2015

Bagaimana Cara Penyakit Alzheimer Menyerang Otak?

Kliksaja

Selama ini banyak orang yang salah kaprah dalam memahami Alzheimer. Sebab kebanyakan orang berpikir bahwa Alzheimer adalah penyakit otak yang membuat seseorang menjadi pelupa.

Selama ini banyak orang yang salah kaprah dalam memahami Alzheimer. Sebab kebanyakan orang berpikir bahwa Alzheimer adalah penyakit otak yang membuat seseorang menjadi pelupa.

Cara Penyakit Alzheimer Menyerang Otak
Namun nyatanya Alzheimer bukanlah berkonsep demikian dan tidak sesederhana itu penjelasannya. Alzheimer dimulai dari bertumbuhnya plak dan simpul-simpul membahayakan di otak. Biasanya munculnya simpul ini karena dipengaruhi oleh faktor pertambahan usia seseorang, gaya hidup tidak sehat, hingga stres. Saat kedua benda asing ini muncul di otak, maka ada beberapa tahapan terjadi yang bisa disebut juga dengan tahapan penyakit Alzheimer.

Baca juga : Apa Beda Alzheimer dan Demensia?

Di tahap pertama, simpul dan plak akan menyerang bagian otak yang disebut dengan hippocampus. Saat bagian otak ini diserang, maka Anda akan mulai kehilangan kemampuan untuk berbicara. Anda mengalami penurunan dalam kemampuan berbahasa.
Kemudian di tahap kedua, bagian otak yang akan diserang adalah cerebrum atau otak besar. Di bagian ini, manusia memiliki kemampuan untuk berlogika, berpikir, beranalisa, mengingat, serta kemampuan dalam memvisualisasikan sesuatu. Kualitas IQ manusia juga ditentukan di sini. Itulah sebabnya pasien Alzheimer pun juga akan mudah lupa.
Di tahap ketiga giliran bagian otak yang menjadi tempat emosi diaturlah yang diserang. Pasien Alzheimer pun akan menjadi mudah marah, galau, atau hilang kontrol akan emosinya.
Penyakit Alzheimer juga akan menyerang bagian otak yang bertugas untuk menyimpan memori Anda. Sehingga tak jarang pasien Alzheimer pun akan lupa dengan semua hal yang pernah terjadi pada hidupnya. Termasuk kebiasaan yang dilakukan atau bahkan pola hidup manusia normal yang biasanya dilakukan. Oleh karena itu biasanya akan ditemukan perilaku ajaib di dalam diri pasien Alzheimer karena hal ini.
Saat memasuki tahap kelima, giliran bagian otak yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan dan koordinasi menjadi terganggu. Maka kemudian akan terjadi penurunan kemampaun verbal dari pasien Alzheimer.
Dan yang terakhir, simpul dan plak mulai menyerang bagian otak yang bertugas untuk mengatur sistem pernapasan dan kesehatan jantung. Sehingga saat tahap ini datang, tak jarang Alzheimer bisa menyebabkan kematian.
Alzheimer ibarat silent killer. Saat tidak ditangani dengan benar, maka Alzheimer bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Oleh karena itu jika penyakit ini menyerang orang tua Anda atau orang-orang di sekitar Anda, maka segera lakukan terapi sehat untuk memperlambat progresivitas pertumbuhan simpul dan plak di dalam otak. (sumber)

Bagaimana Cara Penyakit Alzheimer Menyerang Otak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar: